Selasa, 31 Januari 2012

Tersihir Patung Buddha Tidur terbesar di Indonesia

Tersihir Patung Buddha Tidur terbesar di IndonesiaMungkin tidak banyak yang tahu kalau di Indonesia ini kita punya patung Buddha Tidur terbesar. Bahkan Indonesia berani meng-klaim bahwa patung Buddha ini terbesar ketiga di Asia setelah Thailand dan Nepal. 
Patung Buddha tidur ini berada di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto atau lebih tepatnya berada di kompleks Maha Vihara Mojopahit. Begitu masuk ke lokasi, sejenak saya mengamati patung-patung yang berjejer di kanan kiri vihara, ternyata gaya masing-masing patung berbeda, sangat terlihatapik patung-patung ini.
Tidak mau tersihir oleh patung-patung itu, kaki ini segera berjalan menuju ke patung yang disebut-sebut sebagai yang terbesar di Indonesia. Tak jauh melangkah, mata pun melihat pancaran keemasannya. Patung itu terlihat sangat besar, cat berwarna emas yang membalurinya memberi kesan cantik, indah, dan menarik. Takjub saya melihatnya. Kalau yang ini benar-benar mampu menyihir mata. Pada bagian bawahnya, relief-relief yang menceritakan tentang Buddha itu sendiri mengelilingi memberikannya ornamen yang tak kalah menarik.


Patung Buddha tidur ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter, serta tinggi 4,5 meter, wajar jika Museum Rekor Indonesia atau MURI menobatkan patung ini di buku rekornya pada tahun 2001. Terbayang kan, betapa besarnya patung buatan Y.M. Viryanadi Maha Tera pada tahun 1993. patung ini terbuat dari beton dan para perajin patung asal Trowulan yang memahatnya sendiri.

 melihat lebih dekat

 relief

 lelap berpayung mega

 Maha Vihara Mojopahit

twins

Penasaran? Yuk, lihat langsung kebesaran Sang Buddha yang ada di Mojokerto. Pasti Anda akan terpana melihat besar dan cantiknya Patung Budha yang tertidur.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

Acong yg satunya lagi ini...

Dewi mengatakan...

hehehe begitulah kiranya.... :)