Kamis, 19 Januari 2012

Mblusuk Mojokerto part 1: Gapura Wringin Lawang…

Mblusuk Mojokerto part 1: Gapura Wringin Lawang…Tujuan kita yang pertama adalah Gapura Wringin Lawang, sebuah gapura megah yang berdiri kokoh di sisi utara bekas kompleks Majapahit. Tepatnya di Dukuh Wringin Lawang, Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Tersusun atas ribuan bata merah, sebuah ciri arsitektur vernacular (pribumi) yang mampu bertahan berabad-abad lamanya. 

Bentuk gapura berupa candi bentar yaitu sebutan bagi bangunan gapura berbentuk dua bangunan serupa dan sebangun tetapi merupakan simetri cermin yang membatasi sisi kiri dan kanan pintu masuk. Candi bentar tidak memiliki atap penghubung di bagian atas, sehingga kedua sisinya terpisah sempurna, dan hanya terhubung d bagian bawah oleh anak tangga. Bangunan seperti ini lazim disebut “gerbang terbelah” karena bentuknya seolah-olah menyerupai sebuah bangunan candi yang dibelah dua secara sempurna.





Bangunan kuno ini telah dikenal sejak tahun 1815 dalam tulisan Raffles yang disebut dengan nama “Gapura Jati Pasar”. Pada tahun 1907dalam tulisan Knebel Gapura ini dikenal dengan nama “Gapura Wringin lawang”. Menurut cerita sesepuh yang tinggal di dekat lokasi gapura, bahwa sebutan Wringin Lawang dikaitkan dengan adanya dua buah pohon beringin yang mengapit gapura tersebut.

gapura wringin lawang
taman di sisi kanan gapura wringin lawang
Gapura ini konon ceritanya merupakan pintu gerbang menuju kompleks kerajaan Majapahit. Namun penafsiran paling populer justru menyebut bahwa gapura ini merupakan jalan masuk ke kediaman Mahapatih Gadjah Mada.

Kalau  ke Mojokerto, jangan lupa mampir ke trowulan.... :) ada Gapura Wringin Lawang yang tinggi menjulang...


Tidak ada komentar: